Home » , » Gejala-gejala Perasaan (Emosi) - Ilmu Psikologi

Gejala-gejala Perasaan (Emosi) - Ilmu Psikologi


A. Pengertian Perasaan (Emosi)
Perasaan ialah suatu keadaan kerohanian atau peristiwa kejiwaan yang kita lalui dengan senang atau tidak senang dalam hubungan dengan peristiwa pengenal dengan subjektif.

 B. 3 Unsur Perasaan
    1. Bersifat Subjektif.
    2. Bersangkut paut dengan gejala mengenal diri sendiri.
    3. Perasaan yang dialami sebagai rasa senang atau tidak senang yang tingkatannya dialam berbeda-         beda.

  C. Gejala itu tergantung dari 3 unsur, yaitu:
     1. Keadaan Jasmani, Contoh: misalnya, perasaan saat kita dalam keadaan sakit atau keadaan sehat          bugar.
     2. Pembawaan
     3. Perasaan seseorang berkembang sejak dia mengalami sesuatu, maka mudah dimengerti bahwa            orang tersebut dapat merasakan sesuatu sesuai dengan corak perkembangan perasaannya.                    Contoh: Keadaan lingkup keluarga, Keadaan lingkup sosial / masyarakat.

    D. Pembagian Perasaan
        1. Perasaan Jasmani (Kewisaan)
            a. Perasaan Penginderaan, Perasaan yang berhubungan dengan alat-alat indera. misalnya,                         perasaan lapar, haus, sakit, dan lain-lain.
            b. Perasaan Biologis
         2. Perasaan Rohani (Kejiwaan)
            a. Perasaan Ketuhanan,  Perasaan yang paling tinggi, perasaan yang suci dan luhur
            b. Perasaan Kesusilaan, Segala sesuatu yang berhubungan dengan penghayatan baik atau                         buruk dan benar atau salah.
            c. Perasaan Sosial, Perasaan kemasyarakatan: perasaan ini timbul dalam hubungan                                   dengan orang lain dan adanya perasaan yang menyertainya. misalnya, senang atau simpati.
            d. Perasaan Keindahan, Sesuatu yang timbul dalam mengamati sesuatu hal yang indah                             atau yang jelek. yang indah bersifat Positif (+) dan yang jelek bersifat Negatif (-).
            e, Perasaan Harga Diri, Semua orang mempunyai harga diri. perasaan ini merupakan perasaan                 yang menyertai harga diri seseorang.
            f. Perasaan Intelek, Perasaan yang menyertai perasaan intelektual dan timbul bila orang dapat                memecahkan sesuatu soal atau mendapatkan hal-hal baru sebagai hasil kerjan dari segi                        intelektualnya.

0 comments:

Post a Comment